CONTOH KECERDASAAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) PADA PERMAINAN 3 MISIONARIS DAN 3 KANIBAL

NAMA                  : Dewi Laras Wijayanti                
NPM                      : 12114876
KELAS                  : 3KA10
MATA KULIAH   : Peng.Teknologi Sistem Cerdas

1.        Instalasi Permainan
       
Instalasi permainan ini cukup mudah. Download pada alamat :
Game ini termasuk dalam ketegori game flash dan game portable. Kamu bisa memainkannya secara online. Klik link download untuk memainkannya secara online. Tapi jika kamu ingin menyimpannya di komputer kamu sebagai oleh-oleh, gampang saja. Klik download terlebih dahulu, terus Save As halaman browser kamu (CTRL + S). Itu akan menyimpan game flash yang satu ini. Formatnya .swf yakk... bukan yang lain.

2. Penjelasan Permainan

Di game ini, akan ada 2 buah pulau yang dipisahkan oleh laut. Ada 3 orang pendeta dan 3 monster kanibal terletak di pulau sebelah kanan. Mereka semua ingin menyeberang dan sampai ke pulau sebelah kiri. Oh ya, ada juga sebuah perahu di sana yang akan digunakan untuk menyeberang.

Kelihatannya gampang kan? Tapi tidak semudah itu. Silahkan kamu atur bagaiamana caranya agar semuanya (3 orang pendeta dan 3 monster kanibal) bisa pindah ke sisi kiri. Dengan aturan sebagai berikut:

Perahu hanya muat untuk 2 makhluk saja.
Perahu bisa di naiki makhluk sejenis atau beda jenis. Misalnya pendeta dengan pendeta, kanibal dengan kanibal atau pendeta dan kanibal.
Jika terdapat salah 2 monster kanibal di satu pulau dan di sana ada 1 pendeta, maka 1 pendeta itu akan di makan oleh si kanibal. Jadi usahakan, si pendeta tidak pernah sendirian.


3. Cara menjalankan permainan





M1 = Misionaris 1
M2 = Misionaris 2
M3 = Misionaris 3
K1 = Kanibal 1
K2 = Kanibal 2
K3 = Kanibal 3

*      Mulai bermain
Cara menyelesaikannya yaitu :
1. Sebrangkan K1 dan K2 terlebih dahulu



2. Setelah sampai disebrangkan, keluarkan K1



 3. Lalu sebrangkan K2 dan masukkan K3 lalu sebrangkan mereka



 4. Keluarkan K2, kemudian sebrangkan K3


 5. Keluarkan K3, lalu sebrangkan M1 dan M2


6.  Keluarkan M1 masukkan K1, lalu sebrangkan mereka


7. Keluarkan K1 masukkan M3, lalu sebrangkan mereka


8. Keluarkan M2 dan M3, lalu sebrangkan K2


9. Masukkan K1, sebrangkan mereka



10. Keluarkan K1, sebrangkan K2



11. Masukkan K3 lalu sebrangkan,


12. dan akhirnya misi terselesaikan


5.        Fungsi
            Fungsi dari permainan ini merupakan permainan untuk melatih otak dalam mengatur strategi yang baik dalam penyelesaian masalah. Fungsi dari permainan ini bertujuan untuk pengetesan IQ.
Memberi kesempatan pada pengguna aplikasi untuk menggunakan jalan pikirannya pada aplikasi yang sangat sederhana tetapi membutuhkan taktik yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Tidak seperti permainan game lain yang hanya ditujukan untuk memenangkan permainan tertentu dengan aturan yang sudah ada. Fungsinya juga menentukan sejauh mana pengguna dapat menyeselsaikan permainan dengan waktu nya sendiri. Untuk mentransformasikan pikiran yang kondisinya tidak stabil, menjadi mau berfikir dengan permainan yang kelihatan mudah dan gampang, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan dalam hal permainan.

 6.        Kegunaan
            Guna dari aplikasi permainan ini memiliki peran dalam pemberdayaan masyarakat lewat AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) khususnya bidang pendidikan dan pembelajaran edukatif melalui permainan. Disamping itu kegunaan dari aplikasi ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang akan datang yang memiliki kecerdasan buatan yang lebih canggih lagi. Selain itu kegunaan lain dari aplikasi ini adalah sebagai tolak ukur dalam bidang perkembangan ilmu tekhnologi dalam bidang AI yang dalam proses perkembangan aplikasi kecerdasan buatan yang semakin berkembang dalam segala bidang tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga pertanian. Kesehatan, ekonomi, maupun kemanan dan pertahan yang digunakan dalam negara.

7. Kekurangan
            Dalam permainan ini juga memiliki kekurangan yang bisa digunakan untuk cerminan aplikasi yang akan  dibangun  untuk permainan permainan lainnya.
1.      Tampilan yang kurang atraktif.
2.      Penggunaan gambar yang kurang.
3.      Hanya terdapat 1 permainan saja.

8. Kelebihan
Permainan ini dapat didownload dan digunakan dengan free. Kelebihannya juga mudah digunakan, simpel, dan menyenangkan. Dapat digunakan untuk pembelajaran siswa siswi yang berada di tinggkat menengah maupun pengguna yang ingin mengetes kemampuan berfikir simpel. Karena aplikasi ini dibuat terlihat sulit tetapi solusi keluarannya yang mudah.


Daftar Pustaka





Komentar

Postingan Populer