CONTOH KECERDASAAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) PADA PERMAINAN 3 MISIONARIS DAN 3 KANIBAL
NAMA :
Dewi Laras Wijayanti
NPM :
12114876
KELAS :
3KA10
MATA KULIAH : Peng.Teknologi
Sistem Cerdas
1. Instalasi
Permainan
Instalasi permainan ini cukup mudah. Download pada alamat :
Game ini termasuk dalam ketegori game flash dan game
portable. Kamu bisa memainkannya secara online. Klik link download untuk
memainkannya secara online. Tapi jika kamu ingin menyimpannya di komputer kamu
sebagai oleh-oleh, gampang saja. Klik download terlebih dahulu, terus Save As
halaman browser kamu (CTRL + S). Itu akan menyimpan game flash yang satu ini.
Formatnya .swf yakk... bukan yang lain.
2. Penjelasan Permainan
Di game ini, akan ada 2 buah pulau yang dipisahkan oleh
laut. Ada 3 orang pendeta dan 3 monster kanibal terletak di pulau sebelah
kanan. Mereka semua ingin menyeberang dan sampai ke pulau sebelah kiri. Oh ya,
ada juga sebuah perahu di sana yang akan digunakan untuk menyeberang.
Kelihatannya gampang kan? Tapi tidak semudah itu. Silahkan
kamu atur bagaiamana caranya agar semuanya (3 orang pendeta dan 3 monster
kanibal) bisa pindah ke sisi kiri. Dengan aturan sebagai berikut:
Perahu hanya muat untuk 2 makhluk saja.
Perahu bisa di naiki makhluk sejenis atau beda jenis.
Misalnya pendeta dengan pendeta, kanibal dengan kanibal atau pendeta dan
kanibal.
Jika terdapat salah 2 monster kanibal di satu pulau dan di
sana ada 1 pendeta, maka 1 pendeta itu akan di makan oleh si kanibal. Jadi
usahakan, si pendeta tidak pernah sendirian.
3. Cara menjalankan permainan
M1 = Misionaris 1
M2 = Misionaris 2
M3 = Misionaris 3
K1 = Kanibal 1
K2 = Kanibal 2
K3 = Kanibal 3
Mulai bermain
Cara menyelesaikannya yaitu :
1. Sebrangkan K1 dan K2 terlebih dahulu
2. Setelah sampai disebrangkan, keluarkan K1
5. Keluarkan K3, lalu sebrangkan M1 dan M2
6. Keluarkan M1 masukkan K1, lalu sebrangkan
mereka
7. Keluarkan K1
masukkan M3, lalu sebrangkan mereka
8. Keluarkan M2
dan M3, lalu sebrangkan K2
9. Masukkan K1,
sebrangkan mereka
10. Keluarkan
K1, sebrangkan K2
11. Masukkan K3 lalu
sebrangkan,
12. dan akhirnya
misi terselesaikan
5. Fungsi
Fungsi dari permainan ini merupakan permainan untuk melatih otak dalam mengatur
strategi yang baik dalam penyelesaian masalah. Fungsi dari permainan ini bertujuan untuk pengetesan IQ.
Memberi kesempatan pada pengguna aplikasi untuk menggunakan
jalan pikirannya pada aplikasi yang sangat sederhana tetapi membutuhkan taktik
yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Tidak seperti permainan game lain yang
hanya ditujukan untuk memenangkan permainan tertentu dengan aturan yang sudah
ada. Fungsinya juga menentukan sejauh mana pengguna dapat menyeselsaikan
permainan dengan waktu nya sendiri. Untuk mentransformasikan pikiran yang
kondisinya tidak stabil, menjadi mau berfikir dengan permainan yang kelihatan
mudah dan gampang, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan dalam hal
permainan.
6. Kegunaan
Guna dari aplikasi permainan ini memiliki peran dalam pemberdayaan masyarakat
lewat AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) khususnya bidang pendidikan dan
pembelajaran edukatif melalui permainan. Disamping itu kegunaan dari aplikasi
ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang akan datang yang
memiliki kecerdasan buatan yang lebih canggih lagi. Selain itu kegunaan lain
dari aplikasi ini adalah sebagai tolak ukur dalam bidang perkembangan ilmu
tekhnologi dalam bidang AI yang dalam proses perkembangan aplikasi kecerdasan
buatan yang semakin berkembang dalam segala bidang tidak hanya dalam bidang
pendidikan tetapi juga pertanian. Kesehatan, ekonomi, maupun kemanan dan
pertahan yang digunakan dalam negara.
7. Kekurangan
Dalam permainan ini juga memiliki kekurangan yang bisa digunakan untuk cerminan
aplikasi yang akan dibangun untuk permainan permainan lainnya.
1. Tampilan yang kurang
atraktif.
2. Penggunaan gambar yang
kurang.
3. Hanya terdapat 1 permainan
saja.
8. Kelebihan
Permainan ini dapat didownload dan digunakan dengan free. Kelebihannya
juga mudah digunakan, simpel, dan menyenangkan. Dapat digunakan untuk
pembelajaran siswa siswi yang berada di tinggkat menengah maupun pengguna yang
ingin mengetes kemampuan berfikir simpel. Karena aplikasi ini dibuat terlihat
sulit tetapi solusi keluarannya yang mudah.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar